Ares Hidangan Nikmat Khas Lombok NTB Dapat Diandalkan

Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelapah muda atau puing pisang. Rasa hidangan yang diolah dengan santan cukup unik, manis dan gurih. Cara membuat Ares adalah dengan mengupas batang pisang sampai sedikit masuk. Pastikan bahwa pohon pisang yang digunakan adalah batang yang belum memiliki bunga. Bagian ini dipotong menjadi irisan tipis dengan garam, diremas dan dicuci bersih sebelum akhirnya diproses. Jamu yang digunakan mirip dengan menu kari, yaitu ketumbar, jintan, laos, bawang putih, bawang merah, jahe, pecan dan kunyit. Rempah-rempah yang dimasak dengan biji-bijian inti dipotong-potong ditambah banyak garam dan gula. Ares juga bisa ditambahkan dengan daging. Bagaimanapun, jangan gunakan aroma apa pun, karena akan merusak rasa sayuran Ares.

Ares, hidangan tradisional dari suku Sasak, awalnya hanya disajikan di Begawe, sebuah acara makan setelah pernikahan. Saat Anda berada di pesta pernikahan, Ares biasanya dimasak dalam jumlah besar dengan panci besar untuk memasaknya. Proses memasak super besar ini biasanya memakan waktu maksimal 1 jam. Setelah matang, Ares ditransfer ke wajan atau piring yang lebih kecil untuk memudahkan berbagi. Banyak orang mengklaim bahwa tidak ada pesta pernikahan lengkap jika tidak ada hidangan Ares di dalamnya. Sekarang Ares sering ditemukan di warung makan biasa sebagai makanan sehari-hari. Ketika Anda berjalan di sekitar Mataram dan Cakranegara, ada banyak kedai makanan yang menjual Ares.

Dapur ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Konon pulau Lombok pernah memiliki musim kemarau yang sangat panjang, sehingga tidak banyak tanaman yang bisa tumbuh. Faktanya, pada akhirnya banyak binatang mati kelaparan. Salah satu jenis pohon yang masih bisa bertahan di tengah kekeringan adalah pohon pisang. Pohon pisang inilah yang kemudian menjadi pengganti rumput, makanan bagi ternak warga yang kelaparan. Adalah seorang pria bernama Loq Ares, yang melihat sapinya memakan serakah pisang-pelepah. Dari situlah muncul ide untuk membuat sayuran dari pelepah pisang muda. Oleh Bu Ares adalah memotong biji-bijian utama menjadi potongan-potongan dan diformulasikan dengan bumbu yang sudah ada di dapur. Setelah memasak dan merasakan, nampaknya sayuran ini tidak kalah enak dengan makanan lainnya. Loq Ares sejak itu telah dianggap sebagai penemu dapur tradisional ini.

Sayuran Ares bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka masakan pedas khas Lombok. Sayuran ini cocok untuk makam malam atau sarapan. Ares lebih enak bila dimakan saat masih hangat dengan sepiring nasi putih.


RESEP MEMBUAT ARES ENAK KHAS LOMBOK

Bahan utama :
• Batang pisang muda

Bumbu-bumbu :
• 10 butir Merica
• 7 cm Jahe
• 7 cm kencur
• 6 siung bawang merah
• 2 siung bawang putih
• 2 cm lengkuas
• 1 biji Kemiri
• 1 ruas kunyit
• 1 lembar daun salam
• 1/2 sdt ketumbar
• Bawang merah goreng secukupnya
• Garam secukupnya
• Penyedap rasa

Cara Membuat :
1. Semua bumbu dirajang sampai halus kemudian digoreng dengan minyak, sisihkan.
2. Batang pohon pisang dibuang kulit luarnya yang keras dan agak kering kemudian di iris tipis-tipis kemudian pisahkan satu demi satu.
3. Sirami dengan garam lalu diperas airnya sampai kering. Tambahkan garam agar lembek dan bumbu masakan dapat mudah meresap.
4. Masukkan irisan batang pisang ke dalam jambangan (panci besar). Masukan dan bumbu rajang yang telah digoreng tadi, Masak dengan air secukupnya, setelah mendidih masukkan santan. Aduk hingga bumbu bercampur merata.
5. Tambahkan daun salam garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk terus selama satu jam. Hidangkan.


Tentunya sangat mudah bukan untuk membuat resep ares ini? Anda juga tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok jika ingin mencoba resep ini, karena sekarang Anda bisa mencoba resep ini di rumah dengan menyimak di blog Cita Rasa Nusantara ini. Semoga resep ini bermanfaat ya.

Comments

Popular Posts