Sate Bulayak, hidangan unik dan unik dari Nusa Tenggara Barat

BAHAN Sate bervariasi di Indonesia. Dari sate ayam ke sate padang khas. Beberapa terbuat dari ayam, ikan, dan daging sapi.

Lombok, Nusa Tenggara Barat, juga memiliki sate kuliner khas. Sate Bulayak namanya. Sate Bulayak, yang terdiri dari ayam, jeroan dan daging sapi, tidak berbeda dari kebanyakan sate. Namun, keunikan sate ini ditemukan di Bulayak.

Bulayak adalah kue beras yang terbuat dari amplop daun kelapa atau gula aren. Daun dibungkus spiral. Tujuannya agar Bulayak terbuka dalam lingkaran sehingga mudah dimakan. Ukuran Bulayak lebih kecil dari kue beras biasa. Ini memberikan tekstur manis Bulayak aroma khas daun kelapa. Gula adalah luteong dari amplop daun kelapa atau gula aren. Daun dibungkus spiral. Tujuannya agar Bulayak terbuka dalam lingkaran sehingga mudah dimakan. Ukuran Bulayak lebih kecil dari kue beras biasa. Ini membuat tekstur Bulayak manis dengan aroma khas daun lontar.

Keunikan lain dari sate dari Bulayak adalah saus kacang, yang menjadi saus sate. Kacang herbal Bulayak Saté dibuat dari kacang panggang, ditumbuk dan kemudian dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, bawang merah dan cabai. Hasilnya adalah saus kacang yang sah dengan rasa pedas. Sate Bulayak rasanya sedikit kari. lezat


BAHAN YANG DIPERLUKAN

350 g daging sapi, haluskan, potong kecil-kecil
1 sendok makan jus jeruk nipis
100 g kelapa, setengah tua, parut kasar
100 g kacang goreng, haluskan halus
1 sendok makan gula merah, cordon
200 ml santan kental 1 kelapa
25 tusuk sate
10 buah khas Lombok / varietas panjang


TUMBUK HALUS

15 cabe rawit merah
6 bawang merah
4 siung bawang putih
3/4 c. Merica panggang
3/4 c. Teh asin


CARA MEMBUATNYA

1. Lapisi daging dengan jus jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.
2. Campur daging dengan setengah dari bumbu halus dan kelapa parut, aduk rata
3. Tuang daging ke dalam tusuk sate dan kukus selama 20 menit sampai benar-benar matang. Bakar sate sampai berwarna coklat.
4. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng dan bumbu halus buah hingga harum. Tambahkan kacang, gula merah dan santan, aduk rata. Masak sampai mendidih dan mengental.
5. Siapkan mangkuk dan tempatkan sate, bulayak, dan saus kacang di piring. Siap


Comments

Popular Posts