Begitu Gurih dan Pedasnya Sate Ikan Tanjung Khas Lombok NTB

Liburan ke Pulau Lombok tidak lengkap tanpa mencicipi masakan unik. Salah satu makanan yang tidak bisa Anda lewatkan adalah tanjung ikan sate. Sate berbahan dasar ikan ini memiliki rasa pedas dan gurih. Berbeda dengan penyajian sate pada umumnya dengan bantuan saus kacang, sate ini disajikan dari Lombok Utara tanpa menggunakan saus apa pun. Rasanya yang khas untuk membuat sate ikan tanjung sebagai primadona masyarakat di Lombok. Rasa pedas yang dipadukan dengan daging empuk membuat banyak orang yang memakannya dengan ketagihan. Sate Tanjung banyak dijual di sepanjang jalan di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya satu, ada puluhan penjual sate ikan yang didistribusikan di kabupaten ini.

Daging ikan yang baru dipotong direndam dalam rempah-rempah murni. Setelah bumbu dicampur, daging ikan kemudian dimasukkan dan dioleskan dengan bumbu sebelum dibakar di atas bara. Tidak perlu waktu lama untuk membakar sate ini. Tunggu beberapa menit, tanjung ikan sate siap dimakan. Sate ikan memiliki tekstur yang lembut. Saat dikunyah, campuran rasa pedas, gurih, dan rempah-rempah aromatik tampaknya menambah kenikmatan sate. Dijamin enak dan bergizi.

Untuk Bahan – bahannya :

    - 10 butir Cabe Merah ( Bisa kurang atau lebih tergantung selera )
    - 7 butir Cabe merah kering
    - 5 siung Bawang Putih
    - 1 ruas jari Lengkuas
    -  Jahe, sekitar 1/2 dari Lengkuas
    - 6 butir Kemiri
    - 5 sdm Kecap manis 
    - Irisan Kulit Jeruk Purut/ Limau (secukupnya)
    - 1 Sdm Kecap manis 
    - 1 sdt Garam 
    -  75 ml Santan kental
    - ½ Kg Ikan Laut  (ikan cakalang/ ikan langoan/ ikan marlin)
    - Tusuk sate ( secukupnya )
     - 4 lembar Daun Jeruk Limau

Cara Membuatnya :

  • Ikan laut dibersihkan, kemudian potong menjadi beberapa bagian dengan bentuk persegi panjang
  • Cabe rawit, cabe merah, garam, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kemiri dihaluskan
  • Setelah semua bumbu dihaluskan, masukkan ikan, santan kental kedalam bumbu yang sudah dihaluskan, sampai semua bumbu merata, dan tambahkan dengan irisan kulit jeruk purut. Diamkan beberapa saat hingga bumbu benar-benar meresap (sekitar 3 – 4 jam)
  • Setelah semuanya siap dan meresap,  ikan laut ditusuk dengan menggunakan tusuk sate kemudian panggang diatas bara api sampai matang
  • Sate Ikan Tanjung siap untuk disajikan.


Bagaimana pemirsa tentu sangat mudah bukan cara membuatnya? Simak terus dan kunjungi blog kami Cita Rasa Nusantara untuk memperoleh resep kuliner nusantara yang lainny, terimakasih.





Comments

Popular Posts